Rusdi Masse

Tak banyak orang besar yang lahir dari usaha kerja keras dari nol, meraih sukses di tengah segala keterbatasan. Tak banyak pula yang mampu bertahan menapaki jalan terjal demi  mencapai titik tertinggi bernama kesuksesan. Sikap pantang menyerah itu hanya dimiliki oleh seorang petarung sejati.

Rusdi Masse, begitulah Bupati Sidrap ini dikenal. Sosoknya yang jujur dan pekerja keras mengantarkan Rusdi pada kesuksesannya membangun bisnis jasa ekspedisi dan pengiriman barang. Tak ada yang menyangka, seorang buruh pelabuhan sekaligus supir truk, justru peka melihat peluang dengan memanfaatkan kelangkaan bisnis ekspedisi barang kala itu, sekitar tahun 1997. Rusdi berangkat dengan modal yang sangat terbatas, melalui bantuan dana yang Ia peroleh dari sahabatnya. Beberapa kali mengalami kerugian, Ia tak patah arang. Begitulah Rusdi, anak muda yang berjuang demi memperoleh kehidupan yang lebih layak.
Kenyang menapaki bisnis, Rusdi melanjutkan mimpinya untuk membangun kota kelahirannya, Sidenreng Rappang. Ia mengawalinya dengan berjuang bersama rakyat Sidrap sebagai anggota DPRD Sidrap. Dukungan terus mengalir. Rusdi akhirnya dipercayakan oleh masyarakat Sidrap menjadi bupati pada tahun 2009. Rusdi bukanlah anak pejabat, bukan pula sosok yang lahir karena popularitas keluarga. Ia hanya seorang rakyat biasa yang memiliki impian besar untuk negerinya.
Motivasi besarnya adalah berjuang dan membantu hidup orang banyak lewat mengabdi sebagai pelayan rakyat. Tak heran memang, jika Rusdi kian dikagumi oleh rakyatnya.

Pembangunan di sektor pertanian yang begitu pesat, adalah salah satu alasan mengapa Sidrap layak disebut sebagai sentra penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan. Keberanian Rusdi untuk mengubah pola bercocok tanam petani Sidrap dan memperkenalkan mereka dengan teknologi pertanian yang modern merupakan salah satu bentuk inovasinya dalam memajukan Sidrap.

 

Berbagai prestasi yang ditoreh Rusdi menjabat sebagai bupati diantaranya kompleks kantor Dinas Pemda, pertanian modern, dan prestasi membanggakan lainnya membuat Rusdi semakin dicintai warganya. Pada Juni 2014 lalu berkat dukungan dan komitmennya yang luar biasa, Kabupaten Sidrap berhasil meraih Piala Adipura untuk pertama kalinya. Di usia Sidrap yang kini telah 670 tahun, bumi Nenek Mallomo tersebut kian bersinar atas dedikasi seorang Rusdi Masse yang dikenal sebagai salah satu bupati termuda di Indonesia. Kerja keras Rusdi membangun daerah kelahirannya, sangat layak menjadi teladan dan inspirasi bagi siapa saja.

 

Who We Are

N a m a : H. Rusdi Masse

tempat/tgl.lahir     :  Rappang, 3 maret 1973

Jenis kelamin         : laki – laki

Suku bangsa           : indonesia

agama                      : i s l a m

status                       : kawin

Jabatan                   : Bupati Kabupaten Sidenreng Rappang tahun 2008 – sampai sekarang.

Tinggi badan          : 170 cm

Berat badan           : 70 kg

Warna kulit           : Sawo Matang

Rambut                 : hitam lurus

Golongan darah    : =o=

Bahasa daerah       : Bahasa Bugis

Kegemaran/hobby : otomotif

Bapak kandung : Ambo Masse ( almarhum )

Ibu kandung       : Hj. Hasanah ( almarhumah)

Alamat                 : jl. abu bakar pangkajene.

Become a Volunteer

Laboris iaculis potenti aliquam sociosqu a? Recusandae facilisis lorem Possimus ridiculus, eleifend, quod asperiores aliqua.laboriosam eligendi varius quasi eligendi? Cumque ex auctor, aperiam hymenaeos cum, aute iusto mollitia netus proin morbi, pariatur! Nonummy praesent arcu. Apply the form.

Riwayat Pekerjaan

  • 1. Anggota Drpd Kab. Sidrap dari tahun 2004 – 2007.
  • 2. Sekretaris Wilayah Partai Bintang Reformasi (PBR) dari tahun 2005 – 2010.
  • 3. Ketua Partai Bintang Reformasi (PBR) kab. sidrap dari tahun 2005 – 2010.
  • 4. Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sulawesi Selatan mulai tahun 2009 – 2013.
  • 5. Ketua partai golkar kab. Sidrap mulai tahun 2009 – 2016
  • 6. Bupati Kabupaten Sidenreng Rappang mulai tahun 2008 – sampai sekarang.
  • 7. Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Mulai 2016 - sampai sekarang

Penghargaan dan Prestasi yang telah Diraih

  • Pada Tahun 2009
    1. Piagam Penghargaan Presiden RI kepada Kabupaten Sidrap yg telah mampu meningkatkan produksi beras di atas 5% jakarta tgl 22 mei 2009

    2. Piagam Penghargaan oleh Menteri Keuangan RI kepada kabupaten sidrap selama periode 2007 sampai 2009 menetapkan peraturan daerah apbd dengan tepat waktu jakarta 4 mei 2009

    3. Penghargaan KNPI Award kepada Bupati Sidrap terhadap peran dan partisipasi dalam meningkatkan kualitas pemuda sulsel dalam rangka hut knpi ke 36 makassar 25 juli 2009

    4. Piagam penghargaan anugrah parahita ekapraya tingkat pratama 2009 kepada bupati sidenreng rappang sebagai kepala daerah yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan keseteraan dan keadilan gender dari menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak indonesia linda amalia sari gumelar jakarta 22 Desember 2009

    5. Piagam penghargaan gubernur sulawesi selatan kepada bupati sidrap atas tekad dan kepedulianya memutuskan buta aksara sampai akhir tahun 2009, pangkajenne 18 februari 2009.

    6. Juara 3 kelurahan kadidi lomba kelurahan tingkat propinsi sulawesi selatan. 2009.

  • Pada Tahun 2010
    1. Anugerah Parahita Ekaprayana kategori Madya dari Presiden Republik Indonesia, atas Prestasi Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang dalam pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan Dan Pengarusutamaan Gender Tahun 2010.

    2. Satya Lencana Peningkatan Produksi Pertanian Dari Presiden Republik Indonesia atas Keberhasilan Mempertahankan Peningkatan Produksi Beras Selama Tiga Tahun berturut-turut dan berhasil meningkatkan produksi beras diatas lima persen tahun 2010.

    3. Juara 1 Desa Lise Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan sekaligus juara harapan II lomba desa tingkat nasional. tahun 2010.

    4. Penghargaan Terbaik Dalam Pelaksanaan Pendidikan dasar dari Dbe-usaid tahun 2010.

    5. Prestasi Sebagai Kabupaten Tercepat Realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan bangunan (PBB) tahun 2010.

    6. Pin Emas Atas Sharing Pendanaan Program Kesehatan Gratis Di Sulsel Tahun 2010.

    7. Penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan atas Kinerja Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang yang berhasil menuntaskan buta aksara tahun 2010.

    8. Peringkat ke-4 dari seluruh kabupaten Se-Sulawesi Selatan dalam evaluasi hasil kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2010.

    9. Juara I keaksaraan tingkat nasional tahun 2010.

    10. Juara III penyelenggaraan paket C tingkat nasional tahun 2010.

    11. Juara Harapan II lomba desa tingkat nasional tahun 2010.

    12. Juara harapan III lomba P3A tingkat nasional tahun 2010.

    13. Juara I lomba P2WKSS tingkat Provinsi Sulawesi Selatan oleh desa tonrong rijang kecamatan baranti dalam rangka peringatan hari ibu tahun 2010.

    14. Juara I Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan oleh Desa Tonrong Rijang Kecamatan Baranti tahun 2010.

    15. Juara I lomba balita ideal tingkat provinsi sulawesi selatan oleh zahra zalsabila dari kecamatan panca rijang tahun 2010.

    16. Juara I PLKB teladan tingkat provinsi sulawesi selatan oleh Anshar, S.Sos tahun 2010.

    17. Juara II kecamatan sayang ibu tingkat provinsi sulawesi selatan oleh kecamatan baranti tahun 2010.

    18. Juara II lomba lagu rap tingkat provinsi sulawesi selatan oleh ilham dari sma 1 pitu riawa tahun 2010.

    19. Juara Harapan II lomba uppks tingkat provinsi sulawesi selatan oleh kelompok karya bersama kel. rijang pittu kec. maritengngae tahun 2010.

    20. Juara Harapan II lomba Bina Keluarga Balita Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan oleh kelompok BKB kamboja Desa Tonrong Rijang Kecamatan Baranti 2010.

    21. Piagam Penghargaan Deputi Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi birokrasi bidang akuntabilitas aparatur kepada pemerintah kabupaten sidrap yg telah menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (lakip] thn 2009 kepada Presiden RI melalui menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi secara tepat waktu sebagai pelaksanaan inpres no 7 thn 1999.jakarta mei 2010

  • Pada Tahun 2011
    1. Prestasi Sebagai Kabupaten tercepat Realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2011.

    2. Menjuarai Pemilihan Kongres Anak tahun 2011 dan mewakili sulawesi selatan dalam rangka hari anak nasional di bandung jawa barat tahun 2011.

    3. Meraih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan Bidang Pertanian Tahun 2011.

    4. Poskesdes Lawawoi 5 terbaik nasional versi ADB/DHS II.

    5. Swasti Saba Padapa Program Kabupaten/kota sehat tingkat nasional.

    6. juara I petugas tenaga gizi teladan tingkat II.

    7. juara III petugas tenaga medis teladan tingkat II.

    8. Juara Harapan II Desa Tonrong Rijang Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2011.

    9. juara III petugas tenaga kesehatan masyarakat tingkat II.

    10. Penghargaan Anugrah Parahita Eka Praya Kategori Madya Pengarusutamaan Gender dari presiden RI.

    11. Penghargaan Manggala Karya Kencana Kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidrap.

    12. Juara I Lomba P2WKSS (peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera) tingkat provinsi sulawesi selatan oleh desa dongi kecamatan pituriawa.

    13. Juara II Lomba KSI (kecamatan sayang ibu) tingkat provinsi sulawesi selatan oleh kecamatan pituriawa.

    14. juara II pelaksana terbaik kesatuan gerak pkk kb kes tingkat provinsi sulawesi selatan.

    15. Juara I lomba posyandu tingkat provinsi sulawesi selatan.

    16. Juara I keluarga balita ideal kategori 0-2 tahun tingkat provinsi sulawesi selatan.

    17. Juara I peserta KB lestari teladan tingkat provinsi sulawesi selatan.

    18. Juara II keluarga harmonis tingkat provinsi sulawesi selatan.

    19. Juara III duta mahasiswa tingkat provinsi selatan.

    20. Juara I lomba UKS tingkat provinsi sulawesi selatan oleh smp negeri 4 watang sidenreng.

    21. Juara Harapan II kelompok pembudidaya ikan hias rama koi tingkat nasional.

    22. Piagam Penghargaan Kementerian Keuangan RI kepada Kabupaten Sidenreng Rappang sebagai daerah Berprestasi Berdasarkan Kenerja Keuangan, kinerja pendidikan,serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan. jakarta april 2011

  • Pada Tahun 2012
    1. Juara Umum Lomba Porseni Hari Aksara Internasional (HAI) ke-47 tahun 2012 Tingkat Provinsi Sulsel di Pangkep.

    2. Penghargaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) berprestasi tahun 2012 tingkat provinsi sulsel.

    3. Juara III lomba KIR tingkat sekolah menengah atas tahun 2012 tingkat provinsi sulsel.

    4. Penghargaan dari Gubernur Sulsel atas prestasi yang ditorehkan yakni persentasi kelulusan peserta UN 99,79% tanggal 2 juli 2012.

    5. penghargaan pendidikan gratis tahun 2012.

    6. Poskesdes Lawawoi 5 terbaik tingkat nasional versi ADB/DHS II

    7. Swasta Saba Padapa Program Kabupaten Sehat Tingkat Nasional, jakarta 14 november 2012

    8. Petugas Tenaga Gizi Teladan Juara I tingkat II tahun 2012

    9. Petugas Tenaga Medis Teladan Juara III tingkat II tahun 2012

    10. Petugas Tenaga Masyarakat Teladan juara III tingkat II tahun 2012

    11. Penghargaan Presiden RI Anugerah Parahita Ekapraya (APE) bidang kesetaraan gender

    12. Pakarty Madya III Kategori Kabupaten Tingkat Nasional

    13. Juara I Peserta KB lestari teladan kategori 20 tahun

    14. Juara Harapan I Lomba Nyanyi Rap TK. propinsi

    15. Juara I Kelompok BKL (bina keluarga lansia) tk. propinsi

    16. Juara Harapan III lomba p2wkss tingkat provinsi

    17. juara harapan III lomba gsi tingkat provinsi

    18. Piagam Penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Parepare Kepada Bupati Sidrap atas tercapainya target penerimaan pajak untuk wilayah kerja kantor pelayanan pajak pratama Parepare

    19. Peringkat I Bendahara Pemerintah terpatuh pemungut pajak terbaik wilayah kerja Kab.Sidrap tahun 2012

    20. Penghargaan Pembudidayaan Ikan Lele Kategori II tingkat propinsi sulawesi – selatan tahun 2012

    21. Penghargaan Ujungpandang Ekspres Bupati Sidrap Kategori Pendorong Over Stock Beras Sulsel tahun 2012

    22. Penghargaan Gubernur Sulawesi-Selatan atas dukungan dan komitmen program pelayanan kesehatan gratis propinsi sulawesi-selatan tahun 2012

    23. Penghargaan Menteri Dalam Negeri RI atas komitmen dan keberhasilanya dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan e-ktp tahun 2012

    24. Piagam Penghargaan Kepala Kepolisian Sulawesi Selatan Kepada Bupati Sidrap atas partisipasinya dalam rangka harkamtibmas di wilayah hukum sidrap 2012.

  • Pada Tahun 2013
    1. Penghargaan Kepada Kabupaten Sidenreng Rappang atas upaya mendukung program kawasan tanpa rokok di wilayah kabupaten sidenreng rappang, pada acara hari tanpa tembakau sedunia tahun 2013, oleh ketua umum komisi nasional pengendalian tembakau, jakarta, 24 mei 2013.

    2. Piagam Penghargaan dari Harian Rakyat Sulsel diberikan kepada H. Rusdi masse, bupati sidenreng rappang, atas prestasi dan jasa-jasanya dalam meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya dan politik di sulawesi selatan, pada hut ke-1 tahun 2013. tanggal 12 juni 2013.

    3. Penghargaan Satya Lencana Wira Karya Kepada Bupati Sidrap Bapak H. Rusdi masse dari Presiden RI, penghargaan program kepedudukan dan KB nasional pada tanggal 29 juni 2013 Harganas Kendari Sulawesi Tenggara.

    4. Pemberian Penghargaan Kepada Bupati Sidrap Bapak H. Rusdi Masse selaku 100 tokoh berita pendorong kemajuan yang diserahkan oleh gubernur prov sulsel pada acara hut berita kota makassar ke-16 tahun 2013, tanggal, 1 juli 2013.

    5.Pemberian Penghargaan Kepada Bupati Sidrap Bapak H. Rusdi Masse dari menteri pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak ri, atas penerbitan peraturan daerah terkait pembebasan akta kelahiran disulawesi selatan, pada peringatan hari anak di jakarta, tanggal 23 juli 2013.

    6. Piagam Penghargaan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Kepada Bupati Sidrap atas upaya yang telah mampu meningkatkan produksi padi tahun 2012 sebesar 7,25 persen, pada hut sulsel tgl 19 oktober 2013 di Makassar.

    7. Pemberian Penghargaan Kepada Bupati Sidrap Information Communication Teknologi (ICT) pura 2013 ”kategori utama” dari kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia pada hari sabtu, 31 oktober 2013 di samarinda kaltim.

    8. Pemberian Penghargaan Bupati Sidrap dari Gubernur Prov Sulsel sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah kabupaten yang telah berkomitmen dalam peningkatan pembiayaan program kesehatan gratus. pada hari selasa, 12 nopember 2013 hari HKN ke-49 di Dinkes Prov Sulsel.

    9. Pemberian Penghargaan Bupati Sidrap dari Menteri Kesehatan RI, Penghargaan Swastisaba Wewerda Kategori Madya, pada hari kamis, 14 nopember 2013, di Hotel Merlyn Jakarta.

    10. Penghargaan Bupati Sidrap dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI berupa Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya tahun 2013, Rabu, 18 Desember 2013 di TMII jakarta

  • Pada Tahun 2014
    1. Penghargaan Piala Adipura Bupati Sidrap dari Wakil Presiden RI di Istana Wapres pada tanggal 14 juni 2014.
Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close